BIOGRAFI LUTHER HALSEY GULICK
Luther Halsey Gulick (1892-1993)
adalah seorang ilmuwan politik Amerika, Eaton Profesor Municipal Sains dan
Administrasi di Universitas Columbia, dan Direktur Institute of Public
Administration, yang dikenal sebagai seorang ahli administrasi publik.
Luther
Halsey Gulick lahir 17 Januari 1892 di Osaka, Jepang. Ayahnya adalah misionaris
Kongregasionalis Sidney Lewis Gulick (1860-1945) dan ibunya adalah Clara Mei
(Fisher) Gulick. Luther Gulick lulus dari Oberlin College pada tahun 1914 dan
menerima gelar Ph.D. dari Columbia University pada tahun 1920.
Gulick mengajar di Columbia 1931-1942, dimana ia
diangkat Eaton Profesor Municipal Sains dan Administrasi. Pada tahun 1921 ia
menjadi presiden di Lembaga Administrasi Negara dan menjabat sampai 1962. Dia
kemudian menjadi ketua dan menjabat sampai tahun 1982. Dari 1936-1938 ia
bertugas di Komite tiga anggota tentang Pengelolaan Administrasi (lebih dikenal
sebagai Komite Brownlow ). Tahun 1937 ditunjuk oleh
Presiden Franklin D.
Roosevelt untuk membenahi cabang eksekutif dari pemerintah federal. Dari tahun 1954
hingga 1956, ia menjabat sebagai administrator kota New York.
Luther
Halsey Gulick
meninggal 10 Januari 1993 di Greensboro,
Vermont. Istri pertamanya Helen Swift meninggal pada tahun 1969. Istri keduanya,
Carol W. Moffett, meninggal pada tahun 1989. Dia memiliki dua anak, Luther
Halsey Gulick Jr dan Clarence Gulick.
Adapun
karya-karyanya yang paling terkenal adalah "Evolusi dari Anggaran di
Massachusetts" (1920), "Refleksi Administrasi dari Perang Dunia
II" (1948), "Kebijakan Amerika Hutan" (1951) dan "The
Metropolitan Masalah dan Gagasan Amerika" (1962)
Dalam ilmu manajemen, Luther Gulick mendefinisikan manajemen sebagai satu
bidang ilmu pengetahuan (Science)
yang berusaha secara sistematik untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia
bekerjasama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih
bermanfaat bagi kemanusian. Luther Gulick memperkenalkan istilah yang terkenal
dalam dunia proses manajemen yaitu POSDCORB singkatan dari: Planning,
Organising, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, dan Budgeting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar